Home / Berita Olahraga / Mesin Uang Athletic Bilbao Bekerja Lagi

Mesin Uang Athletic Bilbao Bekerja Lagi

Mesin Uang Athletic Bilbao Bekerja Lagi – Transfer Kepa Arrizabalaga ke Chelsea tambah mempertebal pundi uang Athletic Bilbao, sekaligus juga menyambung etika jual pemain topnya dengan harga mahal.

Kepa sah berubah menjadi pemain baru Chelsea mulai musim 2018/2019 dengan kontrak berdurasi panjang, tujuh tahun. Baru berumur 23 tahun, Kepa memang diproyeksikan jadi penjaga gawang hari depan The Blues.

Namun, Chelsea mesti keluarkan banyak uang untuk menebus Kepa dengan harga 80 juta euro atau lebih kurang Rp 1, 3 T yg membuatnya penjaga gawang termahal dunia, menundukkan rekor Alisson Becker yg dibeli Liverpool dua minggu waktu lalu.

Harga mahal Kepa ini lumrah mengingat dia barusan meneken kontrak baru Januari terus serta ada klausa launching yang penting ditebus klub-klub peminat. Walaupun kehilangan penjaga gawang utamanya, Bilbao sedikitnya tetap dapat mendapatkan untung besar dari penjualan beberapa pemain topnya.

Etika begini berlangsung dari sejak 2012 sewaktu Javi Martinez ubah ke Bayern Munich. Kepindahan Martinez lantas termasuk kontroversial lantaran dia sudah sempat menyelusup diam-diam ke ruangan ubah stadion untuk ambil barang-barangnya.

Layaknya Kepa, Martinez menebus kontraknya sejumlah 40 juta euro biar dapat memuluskan kepindahannya ke Bayern. Martinez sebetulnya lulusan akademi Osasuna namun tidak sempat bermain di team senior serta dibeli Bilbao pada 2006 dengan harga 6 juta euro.

Dua tahun sehabis kepindahan Martinez, ada pula Ander Herrera yg dibeli Manchester United dengan harga 36 juta euro yang klausul kontraknya. Herrera meski sebenarnya sekedar dibeli dengan harga 7, 5 juta euro pada 2011 dari Real Zaragoza.

Paling akhir yaitu Aymeric Laporte yg dibeli Manchester City dengan harga 57 juta pound Januari waktu lalu. Laporte, sebagai pembelian termahal City, yaitu lulusan akademi Bilbao yg kiprah di team senior pada 2012.

Sehabis empat pemain itu, siapa kurang lebih yg akan di jual Bilbao? Satu pemain yg sudah sempat dikait-kaitkan dengan beberapa club top yaitu winger Inaki Williams.

About penulis