Persiapan PPK Kurang, Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan di Polewali Diwarnai Protes

Persiapan PPK Kurang, Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan di Polewali Diwarnai Protes – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil hitungan nada Pemilu 2019 tingkat kecamatan, yang berjalan di pendapa Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, diwarnai memprotes. Anggota Panwaslu ditempat menerangkan pemicu memprotes itu.

Rekapitulasi hitungan nada itu diadakan Minggu (21/4/19) siang. Tidak hanya karena terlambatnya penerapan pekerjaan yang awalannya diskedulkan diawali jam 9 pagi serta justru molor sampai jam 14.00 waktu ditempat, tindakan memprotes pun hadir dari beberapa saksi partai yang ada dan anggota Panwaslu Kecamatan Wonomulyo, yang memandang PPK Wonomulyo sebagai penyelenggara pekerjaan tidak mengerti proses penerapan rekapitulasi. Diantaranya proses yang perlu mengambil oleh PPK waktu berlangsung ketidaksamaan data dengan panwaslu serta saksi.

“Ini masalah rekap kecamatan, barusan kita anjurkan supaya bila ada ketidaksamaan data antar-PPK, Panwas serta saksi, untuk buka kotak serta menunjukkan C1 plano yang menurut kami referensi paling akhir. Bila memang tidak ada titik temu, akan direferensikan untuk dikerjakan hitungan nada lagi,” tutur anggota Panwaslu, Munawir, pada wartawan.

“Menurut saya, persiapan rekan-rekan PPK kurang, kelihatannya komunikasi diantara rekan-rekan PPK kurang bagus sebab begitu susah dikerjakan pengaturan untuk membuat lancar rekap ini. Dapat dibuktikan kenyataannya seperti yang kita lihat saat ini, banyak permasalahan yang berlangsung, dikerjakan seperti sembarangan saja ” lanjut Munawir menyayangkan.

Aduan sama dilemparkan salah seseorang saksi partai yang tidak mau dijelaskan namanya, yang memandang PPK Wonomulyo sebagai penyelenggara rekapitulasi berkesan sembarangan dalam menjalankan pekerjaannya. Ia memandang persiapan PPK kurang optimal hingga rekapitulasi tidak berjalan sesuai dengan waktu yang sudah dipastikan.

“Kami mengharap rekan-rekan PPK dapat serius, rekap ini masalah penting, masalah data pencapaian nada, jangan pernah merugikan kami,” ucapnya.

Gagasannya proses rekapitulasi yang diawali di hari ini akan dilangsungkan sampai 26 April akan datang.