Satu Satu Bus Yang Masuk Ke Terminal Ciamis Diberhentikan Oleh Petugas

Satu Satu Bus Yang Masuk Ke Terminal Ciamis Diberhentikan Oleh Petugas – Mulai H-7 Lebaran 2019, tiap-tiap bus yang masuk ke Terminal Ciamis dikontrol oleh aparat campuran. Terkecuali itu tiap-tiap awak bus akan juga jalani tes urine.

Satu satu bus yang masuk ke Terminal Ciamis diberhentikan oleh petugas Dinas Perhubungan serta anggota Satlantas Polres Ciamis. Lalu sopir bus diperintah turun untuk cek tekanan darah serta tes urine yang memakan banyak waktu lebih kurang 5 menit. Dari tes urine yang dilaksanakan oleh BNN Kabupaten Ciamis pada 30 sopir, belum diketemukan ada tanda-tanda konsumsi narkoba serta obat terlarang.

Selesai di tes serta dikatakan negatif karena itu diijinkan menyambung perjalanan. Sopir diberi dengan surat hasil kontrol tes urine yang berlaku cuma sehari. Apabila kelak di terminal lain ada kontrol sama, surat itu dapat diperlihatkan supaya tidak kedua kalinya dilaksanakan kontrol.

” Tes urine dilaksanakan terhadap tiap-tiap sopir bus yang masuk ke terminal. Jika hasilnya negatif, ya diijinkan menyambung perjalanan, ” tutur Kepala BNN Kabupaten Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, Rabu (29/5/2019) .

Menurut Yaya, tes urine dilaksanakan untuk menghindar beberapa awak angkutan konsumsi zat khusus atau narkoba yang bisa membahayakan diri pribadi pun pemakai jalan lain. Selesai mendapatkan kepastian, kata Yaya, pasti penumpang dapat terasa tenang ada dalam bus ketujuan kampung halamannya.

” Hasilnya dari lebih kurang 30 beberapa pengemudi bus yang udah dikontrol hasilnya negatif, keadaan beberapa pengemudi dalam situasi sehat, sampai diijinkan menyambung perjalanan. Cuma ada seseorang sopir yang dorongan darahnya tinggi, jadi kami anjurkan untuk istirahat lebih dahulu, ” tukasnya.

Yaya menyatakan apabila diketemukan terdapatnya sopir bus yang terindikasikan memanfaatkan narkoba atau sejenisnya maka dapat langsung dilakukan tindakan. Langkah awal sopir tidak diijinkan menyambung perjalanan. Lalu dapat ditangkap, dilaksanakan penyelidikan serta diolah sama dengan aturan yang berlaku.

Dijelaskan Yaya, BNN Ciamis dapat kerjakan tes urine terhadap awak angkutan dengan terencana. Sebab pertimbangkan penumpang yang perjalanannya ketahan sesaat.

” Jika kita melakukan tiada henti kasihan sopir serta penumpang. Jadi tes urine dilaksanakan dengan terencana. Kemungkinan selang satu hari atau disaksikan keadaannya, dikerjakan dapat di terminal atau di jalan mudik, ” tutur Yaya.