Home / berita umum / Suhu Di Puncak Lawu Mulai Membahayakan

Suhu Di Puncak Lawu Mulai Membahayakan

Suhu Di Puncak Lawu Mulai Membahayakan – Cuaca berlebihan dengan suhu dibawah 0 derajat celsius akan berlangsung di pucuk Gunung Lawu. Beberapa pendaki diimbau untuk menyiapkan diri.

Ajakan itu telah dikatakan BMKG Yogyakarta pada BPBD Kabupaten Magetan. Suhu berlebihan itu akan berjalan sampai Agustus akan datang.

“Direncanakan ada gerakan massa udara dari Australia yang bawa cuaca ini cukup dingin serta kering ke Asia yang melalui Indonesia. Bahkan juga pucuk Gunung Lawu dapat minus,” kata Kasi Kedaruratan serta Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Sahputra pada wartawan di kantornya, Selasa (25/6/2019).

Fery memprediksi suhu di pucuk Gunung Lawu ada dibawah 0 derajat bukan tanpa ada fakta. Perkiraan itu berdasar suhu di pintu pendakian Cemoro Sewu sekarang ini. Yaitu cuma 9 derajat celsius.

“Jadi direncanakan untuk beberapa waktu ke depan s/d bulan Agustus itu memang suhunya sangatlah dingin sekali. Terutamanya di sejumlah wilayah di Kabupaten Magetan. Kita mengambil contoh saja beberapa waktu tempo hari seperti dalam di Cemoro Sewu itu suhu itu kurang semakin dapat sampai 9 derajat celcius. Bermakna jika di Cemoro Sewu saja telah demikian bermakna jika di pucuk ya tentu lebih rendah dibawah atau minus,” tuturnya.

Berkaitan rendahnya suhu di pucuk Lawu, Fery tidak tutup peluang akan berlangsung pembekuan di gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl itu. Beberapa pendaki diimbau mempersiapkan seluruh peralatan untuk bertanding menantang dinginnya suhu di Lawu.

“Jika di pucuk direncanakan berlangsung (embun es). Sebab suhunya akan direncanakan minus. Karena, beberapa pegunungan lain beritanya tempo hari sampai minus 5 derajat celcius. Mungkin saja di pucuk Lawu demikian minus 5 sampai 10,” paparnya.

Menurut dia, beberapa pendaki yang akan berpetualang Gunung Lalu harus betul-betul siap dengan fisik serta perbekalan. Seperti minuman dan makanan dan pendukung keselamatan. Pendaki rawan dihidrasi karena suhu di Lawu akan panas pada siang hari serta dingin saat malam hari.

“Yang perlu harus bawa bekal air, cuaca siang panas semacam ini serta malam cukup dingin itu tentu dapat membuat dehidrasi. Bawa bekal yang cukup, kami berikan jika pendaki untuk laporan ke petugas harus jelas tanggal berapakah kelak turun serta tanggal berapakah turun. Bekal yang dibawa apakah itu harus juga semua harus jelas” tuturnya.

Fery meneruskan, sekarang ini faksinya sudah menyiagakan team relawan di Cemoro Sewu. Itu dikerjakan sebab telah ada satu pendaki dievakuasi dalam keadaan tidak sadarkan diri.

“Tempo hari insiden satu pendaki kita evakuasi sebab tidak sadarkan diri. Mujur diketahui petugas,” ujarnya.

About penulis77